Wednesday, 8 April 2009

ekstrakulikuler Cakra - Smansa Tuban

Cakra SMA Negeri 1 Tuban

Cakra adalah salah satu media informasi di SMA Negeri 1 Tuban. Sesuai dengan mottonya, yaitu Besar Bersama Komunikasi, Cakra benar-benar berkontribusi baik dalam penyampaian informasi di SMA Negeri 1 Tuban. Cakra adalah nama majalah sekolah SMA Negeri 1 Tuban, selain itu ada juga Cakra FM, yang merupakan radio kebanggaan SMA Negeri 1 Tuban.
Cakra majalah terbit dua kali dalam setahun, artinya satu edisi tiap semester. Selalu ada perkembangan yang baik dari edisi ke edisi. Pengurus majalahnya pun mengadakan reorganisasi tiap tahun. Tahun ini susunan pengurus redaksinya adalah sebagai berikut :

Pelindung : Dra. Suprapti, M.Pd
Penanggung jawab : Bambang Puji P, S.Pd
Pembina : Dra. Etty Tjahya Tri K.
Drs. Sujito
Sumaknah, S.Pd
Rahmad Gunawan, S.Pd
Anggoro Dadang K, S.Kom
Pimpinan Redaksi : Risal Arsyad M.
Wakil Pim. Redaksi : Tiarisna H.N
Sekretaris I : Adelia Fitri R.
Sekretaris II : Gita Wahyu R.
Bendahara I : Arini Citra D
Bendahara II : Aldhiah Putri
Redaktur Pelaksana : Nurfitria Widya P.
Redaktur : Fenty Ayu
Arief P.U
Fina K.N
Dian K
Pipit Uky V.S.
Ma’rifatul Amalia
Robet F.M
Itsna S.S
Rizkyka A.S
Editor : Selvy Ria R.
Youngky R.Y
Hadrotus O.M.P
‘Aisyah N
Desaign Grafis : Yordan F.A.B
Lystia R.D
Ari Suci R.
Lonita D.
Ilustrator : Novina
Photographer : Aditya D.S
Adinda S. B.
Dewi Mutiara S.
Tiap tahun, ekstrakulikuler Cakra mengadakan diklat jurnalistik yang diikuti oleh cakra majalah dan cakra FM. Diklat tersebut dimaksudkan agar para anggota Cakra mendapatkan pengetahuan yang penting bagi perkembangan ekstrakulikuler Cakra dan bagi khususnya bagi keterampilan dan kecakapan siswa.
Tau gak sih, Cakra FM itu berapa frekuensinya? Wah,, kalo siswa Smansa pasti tahu donk, yup Cakra Fm ada di 92,60. Tiap hari mengudara lohh,, sore-malam. Djnya pasti seru-seru. Cerewet tapi gang garing apalagi jayus. Kalau mau request lagu juga bisa, kirim sms aja ke 085648912491, say hello, kirim salam, kirim makanan juga boleh. Hehehe. Tapi kalau mau berkunjung dan ketemu langsung sama yang pada siaran ya dateng aja ke SMANSA, gimana? Oke punya khan?
Saat ini majalah Cakra punya jabatan baru, yaitu reporter, kalau biasanya yang hunting berita dan menulisnya adalah redaktur, tapi saat ini ada reporter yang siap membantu. Apalagi kalau artikelnya seputar berita dan kabar sekolah, reporterlah yang turun tangan, pasti dibantu juga sama photographernya Cakra. Sip khan?
Kalau kalian baca majalah Cakra, kalian merasa gak kalau gaya bahasa dan editingnya itu khas banget? Ya donk, siapa dulu yang edit? Dibandingkan dengan majalah sekolah lainnya Cakra termasuk bagus dalam pengeditan, struktur kalimat, dan gaya bahasa. Hal itu semua tak lepas dari peran penting sang guru pembina Cakra.
Majalah Cakra edisi 36 rencananya akan terbit dan dipublikasikan sebelum siswa kelas XII lulus. Saat ini para redaktur sedang mempersiapkan segala macam berita dan artikel yang akan dimuat di majalah Cakra selanjutnya. Dan ada sesuatu yang baru dari majalah Cakra, dijamin pasti menarik untuk dinikmati. Apa ya? Ditunggu saja majalah Cakra edisi selanjutnya. Jangan lupa dibaca ya!!

1 comment:

  1. cAkres sMansa15 April 2009 03:12

    hemmm...
    trimakasih atas infonya


    trus tahun ini cAKra Kpn dikLat ?
    beLum khAn??

    oK aku tunggu EdiSi seLanjutnya...


    janji ya... ada lebih haLaman berwarnanya...

    thankz....

    ReplyDelete